Wavy Tail

Senin, 17 Desember 2018

Materi Bahasa Indonesia kelas 3 Dialog

1.      Pengertian Dialog
Dialog adalah percakaapan antara dua orang atau lebih. Menulis dialog harus memperhatikan isi cerita dan perannya. Isi cerita harus disesuaikan dengan tema. Berilah sebuah permasalahan (konflik) pada cerita yang akan dibuat. Konflik dapat bersifat batin (perasaan), atau bertentangan dengan seorang tokoh dengan lainnya. Pemilihan bahasa yang digunakan pada saat dialog harus disesuaikan dengan situasi, misalnya dialog pada situasi formal harus menggunakan bahasa baku, sedangkan situasi nonformal menggunakan bahasa tidak baku.
Pengertian umum, dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, atau percakapan  antara  dua  kelompok  atau lebih.  Dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis.
Dialog merupakan salah satu bentuk komunikasi interpersonal. Dialog berasal dari kata Yunani dia yang berarti antara, diantara, dan legein yang berarti berbicara, bercakap-          , bertukar pemikiran dan gagasan. Maka, secara harafiah dialogs atau dialog adalah berbicara, bercakap-cakap, bertukar pikiran dan gagasan bersama.
Dialog bukanlah transaksi tawar-menawar tentang sesuatu untuk mencapai kesepakatan. Dialog juga bukan konfrontasi di mana pihak yang satu mempersoalkan sesuatu dan pihak lain memberi pertanggungjawaban. Dialog juga bukan suatu adu pendapat untuk mencari keunggulan pendapat sendiri dan mengalahkan pendapat lain. Dialog adalah "percakapan dengan maksud untuk saling mengerti, memahami, menerima, hidup damai dan bekerja sama untuk mencapai kesejateraan bersama".
Dalam dialog, pihak-pihak yang terlibat saling menyampaikan informasi, data, fakta, pemikiran, gagasan, dan pendapat, serta saling berusaha mempertimbangkan, memahami, dan menerima. Dalam dialog tidak ada monopoli pembicaraan dan kebenaran. Yang ada adalah berbagi dan bertukar informasi dan gagasan. Dari dialog diharapkan terbentuk saling pengertian dan pemahaman bersama yang lebih luas dan mendalam tentang hal yang menjadi bahan dialog.
2.      Cara Menyusun Dialog
Langkah-langkah dalam menyusun dialog sederhana sebagai berikut :
1.      Menentukan tema pembicaraan.
2.      Menentukan tokoh yang ikut terlibat dialog tersebut.
3.      Menentukan posisi atau peran masing-masing tokoh.
4.      Membuat garis besar materi pembicaraan.
5.      Menyusun dialog berdasarkan garis besar pembicaraan.
6.      Memperlihatkan kaidah penulisan dialog dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Percakapan bahasa arab kelas 3